Sejarah Prodi

Pada tanggal 28 Oktober 2010 Universitas Hasanuddin dan Nanchang University of China menandatangani MoU dan kemudian ditindaklanjuti oleh Fakultas Ilmu Budaya menjalin kerja sama, dengan Republik Rakyat China (RRC) melalui pembentukan Pusat Bahasa Mandarin (PBM) atau Confucius Institute yang ditopang dengan pembiayaan dan penyediaan SDM dosen dan guru-guru Bahasa Mandarin yang sangat memadai oleh Kantor Pusat Confucius Institute (HANBAN) RRC. Kerja sama (MoU) antara UNHAS-Nanchang University-HANBAN RRC untuk pendirian PBM di UNHAS diimplementasikan dalam wujud nyata berdirinya PBM UNHAS  pada tanggal 22 Februari 2011.

Perkembangan PBM UNHAS betul-betul sangat pesat, dimana sejumlah kegiatan nyata yang telah dilakukan seperti: kurus bahasa Mandarin baik di kantor PBM di jalan Sunu Kota Makassar, maupun di kampus UNHAS Tamalanrea yang jumlah pesertanya semakin meningkat; pelatihan guru-guru bahasa Mandarin untuk pengajar sekolah-sekolah di Makassar, lomba pidato bahasa Mandarin, pelaksanaan ujian HSK, dan lain-lain. Selain itu pihak HANBAN juga menyediakan sejumlah besar beasiswa untuk program Summer Camp, pengiriman mahasiswa untuk belajar di RRC untuk jangka waktu 6 bulan, 1 tahun, dan 2 tahun untuk program Master. Dari kenyataan inilah Fakultas Ilmu Budaya menindaklanjuti perkembangan yang baik ini untuk segera membuka Program Studi Sarjana (S1) Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tongkok pada tahun 2018. Hal ini mendapat dukungan yang sangat baik dari pemerintah RRC melalui kerja sama dengan Nanchang University dan HANBAN.

Selain memfasilitasi  FIB UNHAS untuk melakukan kunjungan akademik ke RRC dalam rangka persiapan pembukaan program studi tersebut, saat itu juga sekitar 20 orang alumni S-1 FIB sedang belajar Program Magister dalam bidang bahasa, sastra, dan budaya China di RRC dengan biaya dari pemerintah RRC.

Fakultas Ilmu Budaya juga memiliki suatu unit pembinaan bahasa Indonesia untuk orang asing yang bernama Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) yang sampai saat ini selalu menerima peserta kursus bahasa Indonesia dari Amerika Serikat, Korea Selatan, Philipina, Singapura, RRC, dan lain-lain. Kerjasama juga dilakukan dengan Republik Arab Mesir dalam hal tenaga pengajar bahasa Arab, Australia dalam hal program bridging course dengan University of New Castle dan Jepang (Kobe Shoin University) dengan program bantuan tenaga pengajar dan pertukaran mahasiswa. Begitu juga dengan Arab Saudi  dan Republik Islam Iran dalam bentuk bahan bacaan dan literatur tentang bahasa, sastra dan kebudayaan Islam dalam waktu dekat juga akan diperluas dengan  RRC.

VISI

Menjadi prodi yang Unggul dalam penyelenggaraan pendidikan Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok berbasis Budaya pada Tahun 2025.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok secara profesional dan mampu beradaptasi dengan kemajuan zaman akan tetapi berlandaskan nilai-nilai dan kearifan budaya bangsa Indonesia.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang berorientasi pengembangan ilmu di bidang Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat di bidang Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok.
  4. Menjalin hubungan kerja sama strategis dengan masyarakat, pemerintah, bisnis dan industri, institusi pendidikan, serta perguruan tinggi lain baik di dalam negeri ataupun luar negeri secara berkesinambungan dengan menerapkan prinsip kesetaraan, kemitraan, dan saling percaya.

PROFIL LULUSAN

Penerjemah

Budayawan

Filolog

Pendidik

Peneliti

KEUNGGULAN PRODI

Aspek Pengembangan Keilmuan

Di Indonesia sendiri, perlahan tapi pasti jumlah peminat untuk mempelajari Mandarin pun meningkat. Kini belajar bahasa Mandarin menjadi tren baru di kota-kota besar di Indonesia selepas tumbangnya Orde Baru. Penguasaan bahasa Mandarin bukan sekadar euforia orang Tionghoa, tetapi menjadi salah satu sarana memperkaya kemampuan intelektual terutama menyikapi perkembangan pesat ekonomi Tiongkok dan globalisasi.

Era globalisasi telah membuat masyarakat semakin sadar pentingnya mempelajari bahasa asing, termasuk bahasa Mandarin. Kemampuan bahasa asing dijadikan sebagai suatu persiapan demi meningkatkan kompetensi saat memasuki dunia kerja. Kesadaran itu membuat banyak orang Indonesia tertarik kuliah di China. Apalagi, bahasa Mandarin sekarang telah menjadi bahasa internasional kedua setelah Bahasa Inggris.

Capaian Pembelajaran

Profil lulusan juga mempertimbangkan kelompok prodi sejenis, sehingga terjadi kesepakatan yang dapat diterima dan dijadikan rujukan secara nasional. Berdasarkan hal tersebut, profil lulusan Program Studi Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin dapat dirumuskan sebagai berikut:

  1. Penerjemah
  2. Budayawan
  3. Filolog
  4. Pendidik
  5. Peneliti

Capaian Pembelajaran (Learning Outcome) Program Studi Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok mempertimbangkan deskripsi generik dan spesifik serta masing-masing profil lulusan sebagai penerjemah, budayawan, pilolog, pendidik, dan peneliti. Adapun Rincian mengenai capaian pembelajaran Program Studi Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok adalah mencakup 1) Aspek Pekerjaan, 2) Aspek Keilmuan, 3) Aspek Manajerial, 4) Aspek Sikap dan Karakter

Kurikulum Program Studi Sejenis

Penyusunan kurikulum termasuk kurikulum Prodi Bahasa Manadarin dan Kebudayaan Tiongkok tidak lepas dari rujukan berbagai kebijakan maupun standar nasional yang disesuaikan dengan karakteristik pendidikan tinggi yang wajib menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Dosen Pengajar

Jumlah Dosen

Jumlah Mahasiswa

Jumlah Alumni

Jumlah Tendik

PETA KAMPUS

BERITA

Fakultas Ilmu Budaya Unhas Menyelenggarakan P2KMB 2019

JUMAT, 9 AGUSTUS 2019. Fakultas Ilmu Budaya Unhas menyelenggarakan agenda tahunan, penyambutan mahasiswa baru. Kegiatan penyambutan mahasiswa baru tahun ini bernama Penerimaan Pengembangan Karakter Mahasiswa Baru yang selanjutnya disingkat P2KMB. Tahun lalu dan tahun...

AGENDA

No Results Found

The page you requested could not be found. Try refining your search, or use the navigation above to locate the post.