Sambutan Dekan

Prof. Dr. Akin Duli, M.A.

Selamat datang di website Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin. Pertama-tama kami panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena atas karunia-Nya kita dapat merealisasikan website Fakultas Ilumu Budaya Universitas Hasanuddin. Website ini dirancang untuk memberikan layanan pendidikan dan informasi bagi segenap civitas akademika Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin dan masyarakat umum.

Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin secara resmi berdiri pada tanggal 11 Desember 1960. Saat ini FIB membina sembilan Departemen/Prodi jenjang S1, yaitu: Departemen Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Sastra Asia Barat, Sastra Perancis, Sastra Daerah, Ilmu Sejarah, Arkeologi, Sastra Jepang, dan Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok; empat Program Magister (S2), yaitu: Bahasa Indonesia, Linguistik, Bahasa Inggris, dan Arkeologi. Selain itu, FIB juga membina satu program doktor (S3) yaitu Ilmu Linguistik.

Jumlah tenaga pengajar sebanyak 118 orang, 14 orang guru besar, 62 orang bergelar doktor dan selebihnya bergelar magister, dan tenaga kependidikan sebanyak 42 orang.

Penerimaan mahasiswa baru berkisar antara 300 s/d 400 orang pertahun dengan lama studi rata-rata 4.2 tahun untuk S1, 2,7 tahun untuk S2, dan 3,9 tahun untuk S3. Sejak tahun 2013 FIB Unhas telah melaksanakan pelayanan prima dan memperoleh ISO 9001:2008, certificate no. QMS 40478.

Dengan perkembangan teknologi informasi yang pesat, semua informasi yang terkait Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin termasuk program studi, sejarah, alumni, sampai pada visi dan misi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin dapat diintegrasikan dan disajikan dalam website ini.

Oleh karena itu, kami menyambut dengan baik diluncurkannya website Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin. Kami berharap website ini dapat membantu dan menjembatani antara Fakultas Ilmu Budaya dengan pihak siapa yang membutuhkan informasi mengenai fakultas ini. Terima kasih atas kunjungan Anda!