Fakultas ilmu Budaya memiliki sarana-prasarana yang menjadi penunjang proses pembelajaran. Sarana-prasarana tersebut adalah:

Aula Prof Mattulada

Fakultas Ilmu Budaya Unhas (FIB) Unhas memiliki sebuah aula yang telah direnovasi. Aula ini diresmikan pada Rabu (21/12) oleh Rektor Unhas pada masa itu, Prof. Dr. dr. Idrus A Paturusi. Aula ¬†yang bernama Prof Mattulada ini diresmikan pada pukul 10.00-11.30 WITA, dihadiri oleh Wakil-Wakil Rektor dan jajaran-jajarannya, serta dekan-dekan tiap fakultas. Ada berbagai kegiatan dalam peresmian aula ini, yaitu…..

Baca selengkapnya…

Laboratorium

Fakultas Ilmu Budaya Unhas juga menyediakan laboratorium untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Terdapat empat laboratorium, yaitu: (1) Laboratorium Arkeologi, (2) Laboratorium Sejarah dan Budaya Sulawesi, (3) Laboratorium Pengembangan Teknologi Pembelajaran, dan (4) Laboratorium Pengembangan Seni dan Kebudayaan Arab. Keempat laboratorium ini masing-masing dikoordinir oleh seorang kepala laboratorium yang di-SK-kan langsung oleh…..

Baca selengkapnya…

 

Spanduk Center

Dalam penyelenggaraan kegiatan, setiap kepanitian membutuhkan wadah untuk menginformasikan kegiatan yang akan diselenggarakan. Fakultas Ilmu Budaya mewadahi kebutuhan tersebut, dengan membuat spanduk center. Spanduk center terdapat tiga buah, yaitu di…..

Baca selengkapnya…

Sekretariat Himpunan

Selain kegiatan perkuliahan, Fakultas Ilmu Budaya Unhas juga mendukung kegiatan-kegiatan kemahasiswaan, dengan memfasilitasi mahasiswa masing-masing departemen sebuah sekretariat Himpunan Mahasiswa Departemen disingkat HMD (dulu Himpunan Mahasiswa Jurusan disingkat HMJ) yang berada di koridor lantai dasar gedung FIS V Fakultas Ilmu Budaya Unhas. Tidak hanya HMD, terdapat pula beberapa secretariat Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) intra fakultas, seperti…..

Baca selengkapnya…

 

Gazebo

Fakultas Ilmu Budaya Unhas memiliki gazebo yang dapat digunakan oleh mahasiswa untuk berdiskusi. Gazebo-gazebo tersebut berada di dua tempat, yaitu di pekarangan fakultas ilmu budaya (depan Aula Mattulada) dan di bawah lantai dasar perpustakaan fakultas (belakang warung makan).

Gedung Dosen

Fakultas Ilmu Budaya Unhas memfasilitasi para Guru Besar, Ketua dan Sekretaris Senat Akademik, masing-masing sebuah ruang di dalam Gedung Dosen. Saat ini, gedung dosen ditempati oleh para guru besar, ketua dan sekretaris senat akademik.

Halaman Parkir

Di Fakultas Ilmu Budaya, yang diperbolehkan parkir hanyalah mahasiswa, dosen, dan pegawai Fakultas Ilmu Budaya. Oleh karenanya dibuatlah semacam identitas, yaitu stiker yang ditempelkan di kendaraan.

Kantin Sastra

Saat jam istirahat, tidak perlu pergi jauh-jauh, karena Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin memfasilitasi para pegawai, dosen, dan mahasiswa sebuah kantin dengan pilihan menu yang banyak.

Musholla Al-Adaab

Musholla Al-Adaab sebagai salah satu fasilitas yang ada di Fakultas Ilmu Budaya dalam bentuk kerohanian, selain untuk tempat beribadah bagi para Pegawai/ Staff maupun mahasiswa di lingkungan fakultas Ilmu Budaya tempat tersebut juga difungsikan untuk beberapa pelatihan atau kuliah Serta siraman rohani harian demi menambah pengetahuan agama dan mempererat ukhuwah sesama muslim/ muslimah di Fakultas Ilmu Budaya Unhas.

Panggung Sastra

Fakultas Ilmu Budaya memfasilitasi sebuah panggung yang dinamakan Panggung Sastra, tempat untuk mahasiswa melakukan kegiatan kemahasiswaan, seperti latihan tari, diskusi, pertemuan, dan lain sebagainya. Panggung ini berada di belakang Aula Prof Mattulada.

Penerbitan

Berikut adalah buku-buku terbitannya. Untuk melihat buku-buku terbitan lainnya, silahkan klik salah satu buku.

Ruang Arsip

Untuk menampung arsip-arsip milik fakultas, Fakultas Ilmu Budaya juga memiliki ruang arsip.Ruang arsip ini, berada di samping perpustakaan.

Jaringan Internet

Fakultas Ilmu Budaya juga menyediakan jaringan internet, yaitu LAN (Local Area Network) dengan teknologi Ethernet dan Wi-fi, dengan kecepatan lumayan. Tiap mahasiswa, pegawai dan dosen memiliki akunnya masing-masing.

Untuk menjaga kestabilan jaringan internet di Fakultas Ilmu Budaya, diangkat seorang pegawai teknisi khusus dalam hal jaringan.

Taman

Dalam hal estetika, Fakultas Ilmu Budaya membuat taman dengan berbagai jenis tumbuhan, baik tumbuhan hias maupun tumbuhan berbuah, yang tetap terawat.