Select Page

Dekan Fak. Ilmu Budaya Unhas Prof Dr. Akin Duli, M.A., membuka kegiatan Penerimaan dan Pengembangan Karakter Mahasiswa Baru Fak. Ilmu Budaya Unhas Tahun 2021 Selasa 10 Agustus 2021 di Aula Prof Mattulada Fak. Ilmu Budaya. Kegiatan ini dilaksanakan secara blended, secara luring hadir para ketua Departemen, Wakil Dekan dan 9 orang perwakilan orang tua mahasiswa serta perwakilan mahasiwa 2 setiap departemen dengan protap kesehatan yg ketat.

Dalam sambutannya Prof Dr. Akin Duli, M.A. Mengucapkan permintaan terima kasih kepada pada orang tua mahasiswa atas kepercayaannya untuk menitikan anak-anakua menempuh pendidikan di rumah kebudayaan kita, fakultas ilmu budaya Unhas. Sekaligus memaparkan secara umum fasilitas, mitra kerjasama dan keunggulan-keunggulan tiap prodi di fakultas ilmu budaya.

Secara simbolis orang tua dan mahasiswa menandatangani lembar pakta integritas mahasiswa baru Unhas. Ini adalah bagian konsep kegiatan dari devisi acara panitia penyambutan. Setelah itu penyerahan secara simbolis nama-nama dan jumlah mahasiswa baru setiap departemen. Nama-nama mahasiswa baru diserahkn oleh Dekan Fak. Ilmu Budaya kepada para Ketua Departemen secara bergiliran naik satu persatu.

Dalam laporan pelaksanaan kegiatan yang disampaikan oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan Fak. Ilmu Budaya Unhas Dr. Kaharuddin, M.Hum mengatakan bahwa total mahasiswa FIB Tahun 2021 adalah 468 orang. Dengan rincian Mahasiswa Dept Sastra Indonesia sebanyak 48 orang, Mahasiswa Dept Sastra Inggris 91 orang, Mahasiswa Dept Sastra Daerah 42 orang, Mahasiswa Sastra Asia Barat 47 orang, Mahasiswa Sastra Jepang sebanyak 51 orang, Mahasiswa Sastra Prancis 38 orang, Mahasiswa Ilmu Sejarah 53 orang, Mahasiswa Ilmu Arkeologi sebanyak 48 orang dan mahasiswa Prodi Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok sebanyak 50 orang. Mahasiwa tersebut lolos masuk Fak. Ilmu Budaya Unhas dari berbagai jalur, yakni Jalur SNMPTN, SBMPTN, Jalur Ketua Osis, Jalur Mandiri: POSK dan JNS.

Kegiatan lain dalam acara penyambutan mahasiswa baru tahun ini adalah materi tentang sosialisasi wilayah pembangunan Zona Integritas WBK-WBBM, ini penting sedari awal diberikan pengenalan kepada mahasiswa Baru tentang apa itu Zona Integritas, WBK-WBBM dan mengapa Fak. Ilmu Budaya mendapat kepercayaan Universitas untuk mewakili Unhas untuk mempersiapkn diri mendapat pengakuan ini oleh Kemenpan RB dan KPK RI. Tim ZI FIB juga memutarkan video tentang Zona Integritas WBK-WBBM FIB Unhas selama kegiatan P2KMB berlansung. Selain itu pula ada materi gambaran umum visi misi dekan, pengenalan bidang akademik, pengenalan fasilitas, sumber daya dan keuangan, pengenalan bidang kemahasiswaan dan alumni masing-masing dipaparkan oleh Dekan dan para Wakil Dekan sesuai bidang masing-masing. Selain materi tersebut juga disampaikan materi tentang kode etik mahasiswa dan tata tertib kehidupan kampus oleh komisi adhoc komisi disiplin FIB. Lalu ggtt gjpengenalan lembaga mahasiswa yang dibawakan lansung oleh Ketua BEM dan Ketua MAPERWA Fak. Ilmu Budaya Unhas.

Sesi kuliah umum dibawakan oleh Wahyudin dosen Jurusan Sastra Prancis Ph.D Candidate dari Sarbone Universitas Prancis. Yudhi akan membincang tentang konteks perkembangan dan tantangan ilmu budaya. Ini penting disampaikan lebih awal agar para mahasiswa baru tahu dimana mereka melakukan star, mereka berasa pada posisi mana untuk memulai perjalanannya dalam menyiapkan masa depan mereka. Setelah mata kuliah umum ini masih ada materi pengenalan tentang Program Kreativitas Mahasiswa, Program Wirasuaha Mahasiswa, Pilmapres dan tentang Balance 2021. Ketua Panitia P2KMB FIB ini dikomandoi oleh Dr. Firman Saleh, M.Hum dan tim kerja bersama para Dosen Muda dan Tendik FIB Unhas. *Bur