Rabu, 3 Juni 2020 bertempat di Ruang Senat Fakultas Ilmu Budaya Univeristas Hasanuddin digelar pertemuan terbatas dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, rapat dimulai pukul 10.30 Wita hingga pukul 12.10 Wita. Pertemuan ini membahas kesiapan Universitas Hasanuddin untuk melaksanakan pembangunan Zona Integritas dalam pelayanan publik efektif dan efisien, bebas korupsi sehingga dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat, profesional dan sebagai pilot projet adalah Fakultas Ilmu Budaya untuk tahun ini. Rapat ini dipimpin lansung oleh Sekretaris Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. Ir. H. Nasaruddin Salam, MT., serta dihadiri oleh Dekan, para Wakil Dekan dan KTU Fak. Ilmu Budaya, para Kepala Biro dalam lingkup Universitas Hasanuddin, Tim Pembangunan Zona Integritas tingkat Universitas Hasanuddin dan Tim Pembangunan Zona Integritas Tingkat Fakultas Ilmu Budaya.

Zona Integritas (ZI) merupakan sebutan atau predikat yang diberikan kepada K/L dan instansi yang pimpinan dan jajarannya mempunyai niat (komitmen) untuk mewujudkan WBK dan WBBM melalui upaya pencegahan korupsi, reformasi birokrasi dan peningkatan kualitas pelayanan publik. K/L dan instansi yang telah mencanangkan sebagai ZI mengusulkan salah satu unit kerjanya untuk menjadi Wilayah Bebas dari Korupsi. Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) adalah predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja yang memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, dan penguatan akuntabilitas kinerja. Sedangkan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) adalah predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja yang memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja, dan penguatan kualitas pelayanan publik.

Diharapkan melalui pembangunan zona integritas ini untuk Fakultas Ilmu Budaya menjadi WBK/WBBM sehingga unit kerja tersebut diberikan kebebasan untuk bekerja dengan benar sesuai dengan ketentuan perundangan-undangan. Selain itu Unit kerja berpredikat WBK/WBBM merupakan outcome dari upaya pencegahan korupsi yang dilaksanakan secara kongkrit di dalam lingkup Zona Integritas. kedepannya semua unit kerja dalam lingkup Universitas Hasanuddin mendapat predikat ZI-WBK/WBBM. (3/6)