JUMAT, 9 AGUSTUS 2019. Fakultas Ilmu Budaya Unhas menyelenggarakan agenda tahunan, penyambutan mahasiswa baru. Kegiatan penyambutan mahasiswa baru tahun ini bernama Penerimaan Pengembangan Karakter Mahasiswa Baru yang selanjutnya disingkat P2KMB. Tahun lalu dan tahun 2017 bernama Penerimaan dan Pembinaan Kesadaran Bela Negara Mahasiswa Baru (P2KBN-MABA), dan tahun-tahun sebelumnya bernama Prosesi Penyambutan Mahasiswa Baru (PPMB).

P2KMB Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unhas diselenggarakan di Aula Prof Mattulada FIB Unhas, namun karena jumlah mahasiswa baru FIB melebihi kapasitas aula, maka sebagian mahasiswa baru ditampung di luar, halaman depan aula. Jumlah mahasiswa baru FIB Unhas tahun ini sebanyak 502 orang dari lima jalur masuk yang tersedia. Dua orang dari jalur Afirmasi Papua, 13 orang dari Jalur Non Subsidi (JNS), 3 orang dari jalur Penelusuran Prestasi Olahraga, Seni, dan Keilmuan (POSK), 381 orang dari jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan 103 orang dari jalur Saleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri – Penelusuran Potensi Akademik (SNMPTN-PPA).

Grafik Jumlah Mahasiswa Baru Per Jalur

Grafik Jumlah Mahasiswa Baru Per JalurJika dilihat dari data jumlah mahasiswa baru tahun 2019, maka FIB adalah fakultas kelima terbanyak jumlah mahasiswa barunya. Jumlah mahasiswa baru terbanyak pertama adalah Fakultas Teknik dengan jumlah 1027 orang, kedua terbanyak adalah Fakultas Pertanian dengan jumlah 638 orang, ketiga adalah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL) dengan jumlah 543 orang, dan keempat adalah FEB dengan jumlah 507 orang. Setelah FIB, peringkat keenam terbanyak adalah Fakultas Hukum dengan jumlah 488 orang, ketujuh adalah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) sejumlah 460 orang, kedelapan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) sejumlah 416 orang, kesembilan Fakultas Kedokteran dengan jumlah 343 orang, kesepuluh Fakultas Kesehatan Masyarakat dengan jumlah 286 orang, kesebelas Fakultas Peternakan dengan jumlah 244 orang, keduabelas Fakultas Kehutanan dengan jumlah 220 orang, ketigabelas Fakultas Keperawatan dengan jumlah 201 orang, keempatbelas Fakultas Farmasi dengan jumlah 135 orang, dan kelimabelas adalah Fakultas Kedokteran Gigi dengan jumlah 120 orang.

   

Kesemua mahasiswa baru Fakultas Ilmu Budaya yang berjumlah 502 orang tersebut, tersebar di kesembilan program studi yang ada. Program Studi Sastra Indonesia berjumlah 64 orang, Sastra Inggris berjumlah 107 orang, Sastra Arab berjumlah 47 orang, Sastra Prancis berjumlah 49 orang, Ilmu Sejarah berjumlah 49 orang, Sastra Bugis-Makassar berjumlah 46 orang, Arkeologi berjumlah 46 orang, Sastra Jepang berjumlah 54 orang, dan yang terakhir program studi termuda di FIB: Program Studi Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok berjumlah 40 orang.

Jumlah Mahasiswa per Departemen

Kegiatan P2KMB FIB Unhas 2019 dimulai pada pukul 08.00 WITA, hingga pukul 15.50 WITA. Item kegiatannya adalah (1) Pembukaan, (2) acara hiburan dengan menampilkan Tari Paduppa oleh mahasiswa Sastra Indonesia, (3) Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars Unhas bersama dirigen Rismayanti, S.S., M.Hum., (4) Laporan Ketua Panitia dalam hal ini adalah Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan, Dr. Andi Muh. Akhmar, M.Hum., (5) Sambutan Dekan, Prof. Dr. Akin Duli, M.A., (6) Penyerahan nama-nama Mahasiswa Baru (MABA) ke tiap-tiap ketua departemen oleh Dekan, (7) acara hiburan: pembacaan puisi oleh mahasiswa, (8) Kuliah Umum oleh Dr. A. Faisal, S.S., M.Hum., dan lain-lain. Secara keseluruhan, rangkaian kegiatan terdiri dari 12 item.

Setelah P2KMB tingkat fakultas ini, para MABA akan mengikuti lagi kegiatan P2KMB tingkat departemen yang akan dilaksanakan pada hari Senin, 12 Agustus 2019. Tidak hanya itu, kewajiban MABA selanjutnya adalah mengikuti kegiatan pelatihan bernama Basic Learning Skills, Character, and Creativity yang selanjutnya disingkat BALANCE.

Demikianlah informasi dari kami. Selamat Datang Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Unhas. Selamat Datang di Rumah Kebudayaan !!

Berikut foto-foto kegiatannya:

Pembukaan

 

Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars Unhas

Laporan Ketua Panitia

Kata Sambutan oleh Dekan

Penyerahan Nama-Nama Maba ke Tiap-Tiap Ketua Departemen oleh Dekan

Pembacaan Puisi oleh seorang Mahasiswi

Kuliah Umum