Aula Prof Mattulada

Fakultas Ilmu Budaya Unhas (FIB) Unhas memiliki sebuah aula yang telah direnovasi. Aula ini diresmikan pada Rabu (21/12) oleh Rektor Unhas pada masa itu, Prof. Dr. dr. Idrus A Paturusi. Aula  yang bernama Prof Mattulada ini diresmikan pada pukul 10.00-11.30 WITA, dihadiri oleh Wakil-Wakil Rektor dan jajaran-jajarannya, serta dekan-dekan tiap fakultas. Ada berbagai kegiatan dalam peresmian aula ini, yaitu: sambutan dari Dekan FIB pada masa itu (Prof. Dr. Burhanuddi Arafah, M.Hum.), penampilan dari komunitas pantun (Tunas) Unhas, pembacaan puisi dari Andi Inayah Soraya, dan pemutaran slide tentang profil FIB Unhas.

Dalam acara peresmian tersebut, Rektor Unhas menegaskan: ”tolong gedung ini dijaga, jangan lagi ada coret-coret, supaya kita tidak minjam-minjam sana sini.” Berikut pula, Dekan FIB Unhas, Prof Drs Burhanuddin Arafah juga menyampaikan: ”sulit mengadakan sesuatu jika tak ada gedung,” dalam sepatah kata peresmian. Untuk itulah, aula ini diadakan, mengingat di FIB Unhas kurang terdapat gedung yang dapat difungsikan sebagai gedung serbaguna.

Aula ini juga merupakan fasilitas andalan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin. Kegiatan-kegiatan seperti seminar internasional, sosialisasi, dan workshop seringkali diselenggarakan di aula ini. Demi kenyamanan Bersama, penggunaan aula yang berkapasitas hingga 200-an orang ini diatur dalam POS (Panduan Operasional Prosedur). Salah satu poin dalam POS tersebut adalah tidak dapat memasang spanduk di dalam dinding aula. Berikut foto-fotonya:

Aula ini diberi nama Aula Prof Mattulada untuk mengenang Prof Mattulada, seorang tokoh asal Bulukumba yang menjadi salah seorang perintis berdirinya Universitas Hasanuddin, dan mahasiswa pertama di Fakultas Ilmu Budaya (dulu Fakultas Sastra).